Selasa, 10 Agustus 2010

USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH

pernah dengar tentang UKS? Usaha Kesehatan Sekolah? masa ndak pernah sih,,, bukannya klo pas SMP atau SMA bolos gitu, pasti ijinnya ke UKS ya?hihi..

UKS sbnrnya upaya sekolah untuk mewujudkan derajat kesehatan murid setinggi-tingginya.
klo UKGS??? ya upaya sekolah untuk mewujudkan derajat kesehatan gigi murid setinggi-tingginya. beberapa waktu yg lalu, krn saya sedang stase di bagian IKGM (ilmu kedokteran gigi masyarakat) dan IKGP (ilmu kesehatan gigi pencegahan) maka wajib mengikuti UKGS. sebenernya UKGS mempunyai beberapa tahap yaitu I-III sebanding dengan makin bervariasi dan semakin kompleksnya kegiatan yang diadakan. sedangkan yang TIM KGM 51 (tim saya) kerjakan adalah UKGS tahap II. mulai dari pemeriksaan gigi/ apel gigi/ screening, edukasi atau penyuluhan dan sikat gigi massal. berikut adalah gambar2 kegiatan saya (dan teman-teman) yang sedang pusing-pusingnya mengajari anak-anak kecil imut bandel namun menyenangkan ini.


gmbr kiri atas adlah saat sedang screening... keliatan n ketahuan siapa yang punya lubang gigi paling banyaakk :). gmbr kanan atas adalah saat mengajari cara menyikat.. (mana ada gigi sebesar ituuu.. :)). kalau yang kiri bawah tampak murid-murid pada mempraktekkan cara menggosok gigi diajarin lgsung deh sama tim kami. trus.. the last picture,, saat udah hampir selesai.

setelah dilakukan UKGS ini, ternyata masih banyak siswa SD yang tidak mngerti cara menyikat gigi yang benar..! hoho... sangat disayangkan. padahal pendidikan sejak dini sangat penting untuk penanaman karakter. jadi, mari teman2 jgn malas2 menyikat gigi yaaa...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak,,aq ank KG juga di jogja..skrg tuh kan udah blok KTI..aq mau minta bntuan mba donk..tau gak SD dijogja yang belum ada UKGS???tolong ya mba..udah mepet wktux..

Gazebo mengatakan...

aku nggak tau dek SD mana saja yang nggak ada UKGS. kalau pengen tau, tanyakan langsung ke bagian KGM. mereka punya daftar kerjasama.