Kamis, 02 Agustus 2012

She doesn't mind

Tahukah andaaa sodara sodaraa.. saya sedang senang sekali mengedit foto. hahaha... tapi saya akui ya, saya ndak ahli sama sekali. naah.. karena saya sadar bahwa wajah saya jelek..ya maka dariitulahh sodara2 saya segaja mengeblurkeennn gambar saya. wkwkw... alasan kedua adalah, karena gambarnya adalah diri saya sendiri, jadi blur itu anggap saja sebagai "sensor" hahaha!!

hmm.. beberaapa hari yg lalu secara kebetulan bisa mampir kesebuah studio rekaman milik seorang teman. daann anda sendirilah pasti tahu apa yg segera terjadi.. ya kan ibarat kucing ketemu ikan asin yang dihidangkan dimeja tanpa tudung saji,, engg ingg enngg.. ya jelas saja saya langsung kumat narsisnya. hahaha... tapi sebenarnya dalam lubuk hati terdalam sungguh ingin sekali "mampir" sekali lagi ke tempat itu bersama teman2 tercinta.

Selasa, 24 Juli 2012

WORKING MAN

COMIC! isn't always about fun or entertainment purpose for me. well, i think maybe it's very late to write wise words from kokoro kunzuru, since the originally story about was published in 2007. hahaha.. 
Last nite i read HATARAKIMAN by MOYOCO ANNO (it's WORKING MAN in english). Story about workaholic-writer-woman who can't thinking anything but her job. When she's on the working-man-mode, nobody can't intterupting her. What make me impressed is she has a milllion of spirits to keep moving on while there are a billion reasons to quit and she work very hard to raising her ability as a writer in order to compete with other workers. Two quotes from working man will be written here, so then you could read.. just share. hehehe



We may fill the blank in the last sentences. so what word will be fit in u think?... :-)

Selasa, 29 Mei 2012

mumifikasi

HIY, menakutkan ya, mumifikasi gitu lho.. apanya yang dijadiin mumi? gigi tentu saja.. saya kan tidak jauh2 dari situ. hahaha...
yup what is mumification? as i remember, simply explain as a procedure that remove the soft tissue in the pulp chamber to keep the root canal asepsis, so then we notneed to obturate the canal. This is easy procedure to be performed but dangerous if we don't know exactly how to do. the first critical thing is knowing the indication. Because its just a mortal amputation, simply pulpitis is recommended and also irreversible pulp for deciduous teeth, and when we found root of the permanent teeth is bent so that difficult to obturate.
Necrose teeth, gangren, undergone to degeneration of the pulp have to be avoided! oh and x-ray photograph is better if its added, we can ensure the condition and planning meticulously.

infeksi odontogenik

Syalooomm..!! kali ini saya mau share ttg kasus yang saya temui di klinik..
Kasus sederhana namun sangat membahayakan nyawa jika penanganannya tidak benar.
well, dalam beberapa kasus gigi, masyarakat selalu saja datang saat gigi sudah dalam kondisi yang parah, sakit, nyeri atau ada infeksi. sangat disayangkan kenapa masyarakat disini tidak suka menerapkan kebiasaan mencegah lebih baik daripada mengobati. 
Pengalaman kasus saya adalah bengkak akibat infeksi odontogenik. beberapa hal yang berkaitan dengan infeksi mungkin sudah umum dipahami. infeksi secara sederhana didefinisikan sebagai penyebaran bakteri ke daerah tertentu sehingga menimbulkan gejala khas seperti demam, lemas, nyeri, dsb dsb. 
Yang perlu dipahami dan dicermati dalam kasus infeksi antara lain adalah: penyebab utama, tipe penyebaran, kondisi rongga mulut pasien. karena saya saat ini tidak sedang membuka buku, jadi silahkan bagi para pembaca untuk lebih mencermati di buku. apa yang saya utarakan disini adalah berdasar ingatan saja.

Kembali ke topik. ketika pasien datang, sudah bengkak, sedikit demam dan mengeluhkan sakit pada regio belakang bawah kiri. Dari pemeriksaan klinis sudah jelas bahwa ada radiks dan gangren pada regio tersebut. tentu saja karena masih ada infeksi akut, protap standar pemberian obat dilakukan. NAH, disinilah saya ingin menshare kan sesuatu. yaitu tentang pemilihan antibiotik. 
Tidak semua infeksi perlu diberikan antibiotik. pada beberapa situasi mungkin antibiotik tidak banyak berguna dan justru menimbulkan kontradiksi. jika tidak salah ingat ada 3 faktor dalam menentukan antibiotik
1. keseriusan infeksi ketika pasien datang. jika pasien datang dengan pembengkakan yang ringan, progres infeksi yang cepat atau difuse selulitis, antibiotik bisa ditambahkan dalam perawatan.
2. jika perawatan bedah sudah mencapai kondisi adekuat, pada beberapa situasi, ekstraksi justru bisa mempercepat penyembuhan infeksi, namun pada beberapa keadaan, pencabutan tidak bisa dilakukan sehingga antibiotik perlu diberikan untuk kontrol infeksi shg gigi bisa dicabut.
3. pertahanan tubuh pasien. jika pasien masih muda dan datang dengan kondisi yang compos mentis, serta tidak ada demam, maka pemberian berpengaruh pada besar dosis dan lama terapi. disisi lain, berhati2 untuk pasien yang memiliki riwayat metabolik atau kemoterapi pada kanker, bisa jadi dosis lebih besar walaupun infeksi kecil.

Pilihan pengobatan bisa jatuh pada penisilin karena sifatnya yg bakterisid, spektrum luas, meliputi streptococci dan anerob bacterial, dan bisa diaplikasi kan untuk 90% infeksi odontogenik, toksisitas rendah dan tidak mahal. namun sayangnya harus ada anamnesis apakah pasien alergi atau tidak. clarytomycin dan clindamycin bisa jadi alternatif. jika infeksi lebih luas, maka cephalosporin dan cefadroxil bisa di pakai. dosis cefa 2x1 sedangkan cephalo 4x1. tetra atau turunannya yaitu doxy bisa dipakai untuk infeksi ringan. metronidazole dapat dipakai jika bakterinya hanya anaerob.
umumnya antibiotik harus diminum 2-3 hari dan setelah infeksi hilang, karena secara klinis biasanya pasien yang telah dirawat akan menunjukkan perbaikan gejala, maka antibiotik tetap harus dikonsumsi hingga 2 hari setelahnya. (total 5 hari-6 hari).

apakah cukup berhenti sampai disitu? TENTU TIDAAK.. harus sesegera mungkin melakukan penanggulangan penyebab utama. ekstraksi dan drainase pus dilakukan setelah kondisi pasien adekuat. nah, sayangnya nih, kadang infeksi menyebar lebih cepat dan kondisi bengkak bertambah, atau kadang trismus melanda, dan ada keterlibatan fascia. jika ini terjadi, segera lakukan ekstraksi gigi penyebab untuk drainase sebelum bertambah parah dgn catatan dikondisikan supaya infeksi sudah terkontol.

demikian sharing saya, semoga bermanfaat. tetap tingkatkan kemampuan dan wawasan.. 
ciaoo...

Rabu, 04 April 2012

the disease i have in my life

it's been a long timeeeee not updating a post in this blog. hahaha.. well.. i write this post while watching a football match barca and milan in RCTI. for a bout 3 years i'm being a milanisti but since this year i decided not to be a fanatic one anymore.. wkwkw.. okay then it's not the main point. so, i'd like to share that.. (goallll.. and barca now get 3 point.. :P) okaayy lanjut daaah...
SO! the main share is about my disease.. hohoho... the newest disease i have is thypus. well.. you know that thypus is caused by infection of salmonella thypi. Tell you that the signs and symptom isn't very clear at the beginning.. but it raising by the time. and mine, i have a midle fever and vomitting with a littlebit dizzy in 2 days. at first i guest it's just a common fever (masuk angin maksudnyah... :P).. 5 days later, i ate a chicken cordon bleu, i felt so dizzy and lost my sight so suddenly on my way home.. i thrown up my food and felt down with a less energy, and i got a widal test on ICU. the result was 1/320 which is positive for infection salmonella thypi O and H.
the widal test isn't spesific for thypus, but if the titer result reach up to 1/320 in the first time's test, then it is thypus with a matching clinical symptom and sign..

and now, i have bed rest for a week

Minggu, 12 Februari 2012

yang terakhir..

bagaimana jika kau menjadi orang yang bukan pilihan utama? orang cadangan? orang nomer sekian setelah tidak ada lagi pilihan?

saya merasakannya.. mungkin selama 19 tahun terakhir.. hehehe

bagaimana rasanya? sakit??

sakit! tentu saja, saya ndak mau bohong.. sakit! luar biasa sakit, saat kita menjadi orang yang dicari paling terakhir karena pemeran utama turun panggung, atau sakit, atau mati.. dalam segala aspek.. keluarga, pekerjaan, studi, bahkan... hubungan cinta..
HEITS!!
but it's not the important thing in this blog! huehuehe.. STOP MEWEK2 sodara-sodaraaaa... wkwkkw...
the point is, you will know how God remake your heart, rebuild it, reconstruct it. dalam hal ini, mungkin Tuhan ingin melihat kesetiaan saya disaat orang lain tidak setia sama saya, ingin melihat kesabaran saya disaat saya diperlakukan tidak seperti yang saya inginkan..ingin saya lebih menghargai situasi dan kondisi seseorang atau memahami hati mereka..
ketika saya bisa menerimanya..(believe me, thats really hard!!), saya menjadi begidik sendiri dan setengah tidak percaya karena kapasitas kesabaran saya benar2 menjadi lebih luas daripada saya yang dulu.. sepertinya apa yang dikatakan rasul Paulus terbukti: segala perkara dapat kutanggung didalam DIA yang memberi kekuatan kepadaku.

saat temen2 semua berada pada posisi ini, jangan kawatir.. selama kita dekat sama Tuhan Yesus, kita pasti dapat menanggungnya.. kalaauuu dekat lho yaa... (karena saya seringnya tidak dekat.. jadi saya ya dengan susah bin payah bin setengah mati bisa menjadi seperti ini.. hueheuehuehue)
Tuhan yang memampukan!
TERPUJILAH TUHAN!

Rabu, 18 Januari 2012

TENTANG HIDUP

Aku suka sekali membaca...

Diantaranya komik.. hehe.. i've told you before.. today i choose manga with a title: LIFE created by Keiko Suenobu (Level Comic).

I finish my self in reading with full satisfaction. hehehe.. the story is GReat!! awesome..!! hossshhh! all about the dark side of the highschool-life. it'll be hard for you if you love the lighter ones.. bercerita tentang kekerasan yang dilakukan oleh Manami Anzai terhadap "sahabat" nya sendiri Ayumu Shiba. Manami melakukan penindasan pada awalnya karena merasa pacarnya (Katsumi) direbut oleh Ayumu.. padahal yang terjadi bukanlah demikian. Manami melarikan diri dari kenyataan bahwa pacarnya -yang ganteng,pintar,cool- sesungguhnya tidak pernah mencintainya. Manami tidak pernah tahu bahwa pacarnya tidak sebaik yang dia sangka karena selama ini Manami mencintainya secara membabi buta. Sedangkan Ayumu pasrah saja menjadi korban penindasan Manami karena diancam Manami agar menuruti semua keinginannya sebagai "sahabat". Tentu saja pada awalnya Ayumu tidak berdaya dan menuruti semua perintah Manami. Tetapi setelah dia bertemu Miki Hatori, Ayumu menjadi sadar bahwa hidupnya bukan untuk berakhir sampai disitu dan hidupnya juga tidak hanya tentang meratapi masalahnya sendiri.
Miki dan Ayumu

Miki yang sangat tegar mengajari Ayumu tentang bagaimana menghadapi kenyataan dan terus bertahan dalam lingkungan kelas yang keras.
Miki Hatori

Ayumu menyadari bahwa kehidupan ternyata bisa sangat menyenangkan jika dia memiliki arti bagi orang lain dan orang lain itu tidak melulu orang terdekat kita, namun bisa juga musuh kita.
Pada akhirnya Ayumu lah yang menghentikan penyiksaan yang dilakukan Manami dan justru membuat Manami bisa melangkah maju setelah ditinggal kekasihnya.
Miki Hatori

Karakter yang saya sukai tentu sajaaa: Miki Hatori. hahaha... (sudah bisa ditebak dari banyaknya gambar yg diupload.. wkwkwk!
Sebenarnya cerita LIFE ini sangat menarik, tapi eh tetapiii.. karena saya ndak ahli bercerita.. maka ya cuman jadi satu paragraf.. hahahayy... eittsss.. tidak berhenti sampe situu sodara-sodara.. membaca kisah Ayumu Shiba ini membuat saya juga sadar bahwa this world is more than just you and your daily love story.. wkwkkw... (begitu katanya)

Wanita selalu berkutat dengan masalah cinta.. jatuh karena cinta, seneng karena cinta, nangis karena cinta, bahagia karena cinta..yup.. cinta memang mnjadi masalah terbesar yang diperjuangkan wanita.. siapa sih yang ndak pengen mempunyai cinta? hehe.. but love isn't only for a couple.. dan hidup kita bukan ngurusin cinta melulu.. diri sendiri melulu.. sebab kita diciptakan untuk memaknai hidup kita dengan memperhatikan sesama (memperhatikan tu bukan trus jadi pacarnya bnyk orang lhooo hehehe...) dan menolong sesama yang dilakukan dengan tulus. HAaaahh... susaaahh.. wkwkwkw... jadi, jangan jadi kayak anak kecil yang bisanya minta dipeduliin terus karena kita selalu dalam masalah yang tidak bisa diselesaikan, jangan juga jadi orang yang hidup dalam masa lalu sehingga menutup semua masa depan yang lebih baik yang menanti kita.

(kok kayaknya keren gini sih kalimatnya.. hahaha)
but it's only just my opinion.. wkwkkw!

Lets fighting fot a better FUTURE (Christ, 2012, ketika akhirnya sebuah alasan ditemukan)

untuk diingat


chris, hidup itu memang perjuangan, tapi bukan berjuang untuk dirimu sendiri.. tidakkah kau lihat betapa banyak orang yang memerlukan kita? jadi mari kita membantu sesama..

-saat akhirnya aku menemukan alasan-

Minggu, 08 Januari 2012

puisi hujan

hujan rintik-rintik.. dan membuat puisi

aku tidak marah aku tidak bete,, aku tidak benci

aku cuma tersenyum dan berlalu pergi

aku tidak menengok dan tidak pernah berpikir

karena untukmu sudah tak ada kesempatan lagi

aku memang orang yg penuh toleransi

tapi sekali bagiku mati, sudah itu mati..

Jumat, 06 Januari 2012

do you know Rayleigh?

huaaLLoooo eperybodiii.. ehehhe.. hmmmmhmhmmh.. this time, I’ll ask you first deh sebagai pembuka.. DO YOU KNOW ONE PIECE MANGA???Haven’t you read it?if you have it, you may know that one piece is about Japanese manga and anime written and illustrated by Eiichiro Oda. The popular one’s is Monkey D.Luffy followed by the crew, but I’m in curious about Silvers Rayleigh since his first appearance in chapter 19 (episode 8).

In the story, he is one of former Gold D. Roger pirates team. Known to be the “right hand of the pirate king” because of his power. Two of Rayleigh’s most distinguishing traits are his round glasses (like harry potter ..wkwkwk) and facial hair, which is arranged in a stripe-like pattern across his lower jaw. He also has a scar over his right eye, which he has had for many years. Okay enough about Rayleigh.. hehe.. the point of this blog this time is WALTER RALEIGH.. hehehe.. in my opinion and prejudice, maybe the name of Walter RALEIGH inspiring Eiichiro Oda to made Silvers Rayleigh.. wkwkw.. I tell it so because Walter Raleigh is a sailor, explorer and adventurer. But unfortunately the fact of the real Raleigh isn’t great as the fiction one. In the book -written by M.Daud Darmawan- Pelaut tangguh dunia- dari penjelajahan hingga penjajahan told about the poor Walter Raleigh which his adventures always came to failed and he ended his life tragically.


Berikut ini ane kutip secuplik perjalanannya dalam bahasa Indonesia ya.. soalnya bakal kelamaan kalo ane tulis dalam bahasa inggris (ciyeehh.. sok2an iso ngemeng inggeriss lhooo.. wkwkw..)

Sir Walter Raleigh lahir pada tahun 1552 di desa East Budleigh, Devon, Inggris. Pada tahun 1968 ia sempat mengenyam pendidikan di Universitas Oriel, Oxford. Tetapi hanya sebentar ia tidak dapat memperoleh gelar. Pada tahun 1578, Sir Walter mengikuti Sir Humphrey Gilbert dalam suatu ekspedisi laut yang bertujuan merampok kapal-kapal Spanyol yang berlayar di Samudra Atlantik. Ini merupakan aksi pembajakan pribadi dan tidak ada hubungannya dengan kerajaan inggris. Sir Walter memegang pimpinan dari kapal Falcon. Misi ini tidak berhasil, setelah mereka di kalahkan dalam suatu pertempuran dengan armada Spanyol di Atlantik. Misi-misi dalam beberapa tahun berikutnya juga menemui banyak kegagalan.

Sir Walter Raleigh mempunyai rencana memulai kolonisasi di Amerika Utara di wilayah Virginia pada tahun 1584. Ia mendapat hak monopoli untuk mengelola koloni dari ratu Elizabeth I. ia berharap dapat memperoleh keuntungan dari pengelolaan tambang mineral dan industri di koloni baru. Sebagian dari dana untuk pengiriman ekspedisi ditanggungnyasendiri, dan sebagian lainnya didapatkan dari bantuan beberapa teman. Pada bulan April 1584, ia mengirim calon penghuni koloni bersama dua orang kapten, Philip amadas dan Arthur Barlowe. Mereka berangkat menuju Florida dan dari sana menyusuri sepanjang pantai timur Amerika kea rah utara dan sampai di North Carolina dan Virginia. Nama Virginia diberikan karena keadaan disana yang masih liar dan sama sekali belum terjamah tangan manusia. Ekspedisi ini mendarat di pulau Roanoke, di lepas pantai North Carolina. Di tempat ini ternyata tidak ada cukup sumber daya alam yang bisa diolah untuk menghasilkan sesuatu. Belum lagi gangguan dari penduduk asli, sehingga koloni baru ini ditinggalkan oleh penghuninya. Ketika seorang pelaut inggris yang bernama Sir Francis Drake mengunjungi tempa ini padda tahun 1586, sudah tidak ada seorangpun disana.

Tragis ya pengalamannya, tapi tidak kalah tragis lagi bagaimana cara dia meninggal. berikut di kutip dari Wikipedia.com:

Pada 1594 Raleigh mendengar tentang adanya " kota emas" di Amerika Selatan kemudia ia berlayar untuk menemukannya. hal ini membuatnya menceritakan secara berlebihan tentang pengalaman ekspedisinya dalam sebuah buku yang menyangkut tentang legenda kota El Dorado. setelah Ratu Elizabeth meninggal pada tahun 1603, Raleigh kembali di penjarakan di menara, karena ia diduga terlibat dalam Plot Utama terhadap Raja James I. Tahun 1616, ia dibebaskan dan melakukan ekspedisi kedua untuk mencari El Dorado. upaya ini tidak berhasil dan pos milik Spanyol di San Thome malah diobrak-abrik oleh orang-orang di bawah komandonya. Setelah kembali ke Inggris, Raleigh ditangkap karena duta besar Spanyol melancarkan protes keras terhadap tindakan Raleigh. Raleigh dipenggal kepalanya di WhiteHall pada tahun 1618.

Jadi, banyak kegagalan yang dia temukan oleh karena sifatnya yang kejam, sadis dan arogan, sehingga dia banyak memiliki musuh dan beberapa bala bantuan juga terlambat datang disaat dia membutuhkannya. salah satu kegagalan yang dia dapatkan juga karena dia secara diam-diam memiliki hubungan gelap dengan salah satu pelayan Ratu Elizabeth I sehingga dia dipenjara dan citranya menjadi semakin buruk. wah.. memang hubungan yang tidak baik ternyata membawa pada kesialan. hati2 lhooo teman2 sekalian... okay daaah, ane kiRa cukuplah sekian dulu. semoga artikel kali ini bermanfaaat.. ciaaaoooo

Selasa, 27 Desember 2011

puisi satu baris

someday, i will make every man looking at me.. and not even you can't get closer too easy..


Senin, 26 Desember 2011

Materi Sembarang.. hehehe

NOW, lets talk about disinfection. i wrote it not only from one source which unfortunately i forgot the sources.. hehehe... but, the bigline (maksudnya garis besar.. whahahahaha... inggris asal) of the disinfection is about like this. hope this article help you out.

Disinfection is the destruction of pathogenic and other kinds of microorganisms by physical or chemical means.

Disinfectants

are chemical substances used to destroy viruses and microbes (germs), such as bacteria and fungi, as opposed to an antiseptic which can prevent the growth and reproduction of various microorganisms, but does not destroy them.

The ideal disinfectant

a. would offer complete sterilization,

b. without harming other forms of life,

c. be inexpensive, and non-corrosive.

Unfortunately ideal disinfectants do not exist. Many disinfectants are only able to partially sterilize. The most resistant pathogens are bacteria spores but some viruses and bacteria are also highly resistant to many disinfectants.

The choice of the disinfectant to be used depends on the particular situation. Some disinfectants have a wide spectrum (kill nearly all microorganisms). (In the UK there was a long running advert for Domestos bleach in which it was claimed that "Domestos kills all known germs Dead!").

Others kill a smaller range of disease-causing organisms but are preferred for other properties (they may not be corrosive, and relatively non-toxic to humans).

A note on terminology

Disinfectants destroy vegetative microbes (bacteria, fungi) and viruses on surfaces, medical equipment and other man-made objects.

Antiseptics disinfect skin.

Antibiotics either kill or interfere with the life cycle of bacteria inside the body. Substances which kill bacteria are said to have a bactericidal effect, while those which interfere with cell growth and reproduction are said to be bacteriostatic.

Disinfectants and antiseptics are bactericidal (some disinfectants are bacteriostatic at low concentrations): antibiotics can be either bactericidal or bacteriostatic.

Common disinfectants

  • Chlorine – Used to disinfect swimming pools, and is added in small quantities to drinking water to reduce waterborne diseases.
  • Chloramine – Used in drinking water treatment instead of chlorine because it produces less disinfection byproducts.
  • Chlorine dioxide – Used as an advanced disinfectant for drinking water to reduce waterborne diseases. In certain parts of the world, it has largely replaced chlorine because it forms fewer byproducts.
  • Dettol – Used to disinfect surfaces at home. It kills the majority of bacteria. It is one of the few disinfectants useful against viruses.
  • Sodium chlorite, sodium chlorate, and potassium chlorate have little disinfection effect but are used as precursors for generating chlorine dioxide.
  • Alcohol – Usually ethanol or isopropanol – Wiped over benches and skin and allowed to evaporate for quick disinfection. Alcohols are more effective combined with water, 70% alcohol is more active than 95% alcohol. Alcohol is not effective against bacterial spores.
  • Hydrogen peroxide – Used in hospitals to disinfect surfaces. It is sometimes mixed withcolloidal silver. It is often preferred because it causes far fewer allergic reactions than alternative disinfectants. Also used in the food packaging industry to disinfect foil containers. A 3% solution is also used as an antiseptic. When hydrogen peroxide comes into contact with the catalase enzyme in cells it is broken down into water and oxygen. It is the oxygen that kills bacteria. However, as recent studies have show hydrogen peroxide to be toxic to growing cells as well as bacteria, its use as an antiseptic is no longer recommended.
  • Iodine – Usually dissolved in an organic solvent or as Lugol's iodine solution. It is used in the poultry industry. It is added to the birds' drinking water. Iodine is rapidly neutralised by the presence of organic material, so surfaces must be cleaned prior to disinfection. Although no longer recommended because it increases scar tissue formation and increases healing time, tincture of iodine has also been used as an antiseptic for skin cuts and scrapes.
  • Ozone – a gas that can be added to water for sanitation.
  • Phenol and other phenolics – The active ingredient in most bottles of "household disinfectant". It is also to found in some mouthwashes and in disinfectant soap and handwashes. Phenol is probably the oldest disinfectant (used by Lister) and was called carbolic acid in the early days of antiseptics. Phenol is rather corrosive to the skin and sometimes toxic to sensitive people, so the somewhat less corrosive substitute phenolico-phenylphenol is often used as part of a disinfectant formula. Hexachlorophene is a phenolic which was once used as a germicidal additive to some household products but was banned due to suspected harmful effects.
  • Potassium permanganate – Formula KMnO4. Red Crystalline powder. Colours everything it touches. Used to disinfect aquariums. It is also used widely in community swimming pools to disinfect ones feet before entering the pool. Typically, a large shallow basin of KMnO4/water solution is kept near the pool ladder. Participants are required to step in the basin and then go into the pool. It is also used widely to disinfect community water ponds and wells in Tropical countires. It is also used to disinfect the mouth before pulling out teeth. It can be applied to wounds in dilute solution. KMnO4 is a very useful Disinfectant.

Materi OM-Sifilis

ada beberapa ilmu oral medicine yang ingin aku sharingkan disini.. hehehe.. kenapa eh kenapaa?? kenapa kok milihnya OM?hehe.. karena OM sngat berkesan bagiku.. wkwkkw.. ya pokoknya begitu deh. Lanjoooott!!

oke, ini adalah beberapa analsis hasil pemikiran saat PBL-kasus OM sekitar 4 tahun yang lalu. hahahha.. basi ya? tapi semoga bisa bermanfaat..

Sifilis

Sifilis mempunyai nama lain Great Pox, lues venereum, dan morbus gallicus. Sifilis dibagi menjadi sifilis kongenital dan akuisita (dapatan). Sifilis kongenital dibagi menjadi sifilis dini (sebelum 2 tahun), lanjut (setelah 2 tahun), dan stigmata. Sifilis akuisita dapat dibagi menurut 2 cara, yaitu secara klinik dan epidemiologik. Menurut klinis sifilis dibagi menjadi 3 stadium: stadium I, stadium II, dan stadium III. Secara epidemiologik WHO dibagi menjadi: stadium dini menular (dalam dua tahun sejak infeksi), terdiri atas stadium I (9-90 hari), stadium II (6 minggu-6 bulan atau 4-6 bulan setelah muncul lesi primer), dan stadium laten dini (dalam dua tahun infeksi). Stadium lanjut tak menular (setelah 2 tahun sejak infeksi), terdiri atas stadium laten lanjut (lebih dari 2 tahun), dan stadium III (3-20 tahun) (Liu, P., 2009).

Morfologi

Treponema pallidum merupakan salah satu bakteri spirochaeta. Bakteri ini berbentuk spiral. Terdapat empat subspecies yang sudah ditemukan, yaitu Treponema pallidum pallidum,Treponema pallidum pertenue, Treponema pallidum carateum, dan Treponema pallidum endemicum. Tulisan ini akan membahas Treponema pallidum pallidum yang merupakan penyebab sifilis (William, 2000).

Treponema pallidum pallidum merupakan spirochaeta yang bersifat motile yang umumnya menginfeksi melalui kontak seksual langsung, masuk ke dalam tubuh inang melalui celah di antara sel epitel. Organisme ini juga dapat ditularkan kepada janin melalui jalur transplasental selama masa-masa akhir kehamilan. Struktur tubuhnya yang berupa heliks memungkinkan Treponema pallidum pallidum bergerak dengan pola gerakan yang khas untuk bergerak di dalam medium kental seperti lender (mucus). Dengan demikian organisme ini dapat mengakses sampai ke sistem peredaran darah dan getah bening inang melalui jaringan dan membran mucosa (Brown dan Frank, 2003).

Definisi

Penyakit infeksi akut, subakut, atau kronik yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, biasanya didapat melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi (Anonim, 2001)

Patologi dan Penyebab

T. pallidum dapat berpenetrasi melalui mukosa normal dan abrasi ringan pada epitel.Treponema pallidum lambata berkembang biak dari lesi patologik primer yang merupakan endartitis fokal. Inflamasi terbentuk sekitar pembuluh darah yang terserang, lumen mengalami obliterasi, dan menyembuh dengan banyak fibrosis. Reaksi granulomatosa sering ditemukan pada sifilis sekunder dan lanjut. Respon penderita terhadap infeksi berupa antibodi yang banyak (Brown dan Frank, 2003)

Gejala dan Tanda

Penyakit sifilis memiliki empat stadium yaitu primer, sekunder, laten dan tersier. Tiap stadium perkembangan memiliki gejala penyakit yang berbeda-beda dan menyerang organ tubuh yang berbeda-beda pula.

Stadium awal: Tiga minggu setelah infeksi, timbul lesi pada tempat masuknya Treponema pallidum. Lesi pada umumnya hanya satu. Terjadi afek primer berupa penonjolan-penonjolan kecil yang erosif, berkuran 1-2 cm, berbentuk bulat, dasarnya bersih, merah, kulit disekitarnya tampak meradang, dan bila diraba ada pengerasan. Kelainan ini tidak nyeri. Dalam beberapa hari, erosi dapat berubah menjadi ulkus berdinding tegak lurus, sedangkan sifat lainnya seperti pada afek primer. Keadaan ini dikenal sebagai ulkus durum. Sekitar tiga minggu kemudian terjadi penjalaran ke kelenjar getah bening di daerah lipat paha. Kelenjar tersebut membesar, padat, kenyal pada perabaan, tidak nyeri, tunggal dan dapat digerakkan bebas dari sekitarnya. Keadaan ini disebut sebagai sifilis stadium 1 kompleks primer. Lesi umumnya terdapat pada alat kelamin, dapat pula di bibir, lidah, tonsil, putting susu, jari dan anus. Tanpa pengobatan, lesi dapat hilang spontan dalam 4-6 minggu, cepat atau lambatnya bergantung pada besar kecilnya lesi (Brown dan Frank, 2003).

Stadium sekunder: Pada umumnya bila gejala sifilis stadium II muncul, sifilis stadium I sudah sembuh. Waktu antara sifilis I dan II umumnya antara 6-8 minggu. Kadang-kadang terjadi masa transisi, yakni sifilis I masih ada saat timbul gejala stadium II. Sifat yang khas pada sifilis adalah jarang ada rasa gatal. Gejala konstitusi seperti nyeri kepala, demam, anoreksia, nyeri pada tulang, dan leher biasanya mendahului, kadang-kadang bersamaan dengan kelainan pada kulit. Kelainan kulit yang timbul berupa bercak-bercak atau tonjolan-tonjolan kecil. Tidak terdapat gelembung bernanah. Sifilis stadium II seringkali disebut sebagai The Greatest Immitator of All Skin Diseases karena bentuk klinisnya menyerupai banyak sekali kelainan kulit lain. Selain pada kulit, stadium ini juga dapat mengenai selaput lendir dan kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Juga dapat disertai demam ringan, sakit kepala, malaise, limfadenopati menyeluruh, dan ruam mukokutan. Hepatitis mungkin terjadi; kondiloma lata mungkin timbul pada tempat yang lembab dan hangat seperti pada perineum; kira-kira 30% penderita menunjukkan bercak pada mukosa, berupa membran putih kelabu, berbentuk oval dan agak menonjol pada mulut, atau lidah yang seperti kondilomata, sangat menular (Brown dan Frank, 2003).

Stadium laten: setelah penderita sembuh dari fase sekunder, penyakit akan memasuki fase laten, dimana tidak nampak gejala sama sekali. Fase ini dapat berlangsung bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun atau bahkan sepanjang hidup penderita. Pada awal fase laten kadang luka yang infeksius kembali muncul (Brown dan Frank, 2003).

Stadium III: Lesi yang khas adalah guma yang dapat terjadi 3-7 tahun setelah infeksi. Guma umumnya satu, dapat multipel, ukuran milier sampai berdiameter beberapa sentimeter. Guma dapat timbul pada semua jaringan dan organ, termasuk tulang rawan pada hidung dan dasar mulut. Guma juga dapat ditemukan pada organ dalam seperti lambung, hati, limpa, paru-paru, testis dll. Kelainan lain berupa nodus di bawah kulit, kemerahan dan nyeri. Termasuk dalam kelompok penyakit ini adalah sifilis kardiovaskuler dan neurosifilis (pada jaringan saraf). Umumnya timbul 10-20 tahun setelah infeksi primer. Sejumlah 10% penderita sifilis akan mengalami stadium ini. Pria dan orang kulit berwarna lebih banyak terkena. Kematian karena sifilis terutama disebabkan oleh stadium ini. Diagnosis pasti sifilis ditegakkan apabila dapat ditemukan Treponema pallidum. Pemeriksaan dilakukan dengan mikroskop lapangan gelap sampai 3 kali (selama 3 hari berturut-turut) (Brown dan Frank, 2003).

Sifilis kardiovaskuler

Terjadi insufisiensi aorta atau aneurisma aorta

Neurosifilis

Asimtomatik (tes serologik positif pada cairan serebrospinalis tanpa tanda-tanda dan gejala penyakit neurologik). Meningovaskular: meningitis aseptik akut atau subakut, tanda dan gejala trombosis kardiovaskular dan infark, kumpulan saraf kranial, dan mielitis transversa mungkin ditemukan. Tabes dorsalis penyakit degeneratif yang lambat tapi progresif menyerang kolumna posterior dan medula spinalis dengan akibat hilangnya refleks perifer, gangguan rasa getaran dan posisi, ataksia progresif; mungkin timbul sendi Charcot, melibatkan mata atrofi nervus optikus, dan pupil Argyll-Robertson mungkin ditemukan. Paresis umum: meningoensefalitis kronik dengan akibat hilangnya fungsi korteks yang progresif, mudah tersinggung, pelupa, gelisah, dan delusi dalam derajat yang bervariasi (Oswari, 1995).

Sifilis kongenital

Ibu dapat menularkan pada fetus, terutama pada kehamilan yang terjadi dalam 5 tahun sejak permulaan infeksi. Infeksi maternal yang tidak diobati mungkin menyebabkan lahir mati, kematian neonatus, prematuritas, atau sindrom sifilis kongenital dini atau lanjut pada bayi-bayi yang bertahan hidup (Oswari, 1995).

Pemeriksaan Khusus

Tes serologik untuk sifilis yang klasik umumnya masih negatif pada lesi primer, dan menjadi positif setelah 1-4 minggu. TSS (tes serologik sifilis) dibagi dua, yaitu treponemal dan non treponemal. Sebagai antigen pada TSS non spesifik digunakan ekstrak jaringan, misalnya VDRL (Venereal Disease Research Laboratory), RPR (Rapid Plasma Reagin), dan ikatan komplemen Wasserman/Kolmer. TSS nonspesifik akan menjadi negatif dalam 3-8 bulan setelah pengobatan berhasil sehingga dapat digunakan untuk menilai keberhasilan pengobatan. Pada TSS spesifik, sebagai antigen digunakan treponema atau ekstraknya, misalnya Treponema pallidum hemagglutination assay (TPHA) dan TPI (Imobilisasi T. Pallidum). Selain itu, dapat juga digunakan tes Fluorescent Treponemal Absorption Antibody (FTA-ABS) danMicrobernagglutination Assay for T. Pallidum (MHA-TR).Walaupun pengobatan diberikan pada stadium dini, TSS spesifik akan tetap positif, bahkan dapat seumur hidup sehingga lebih bermakna dalam membantu diagnosis (Brown dan Frank, 2003).

1. Tes RPR

Sampel: darah dan serum

Dasar: mencari antibodi nonspesifik di dalam darah pasien yang dicurigai mengandung T. Pallidum yang menyebabkan sifilis dengan bantuan partikel karbon. Antibodi yang diteliti merupakan antibodi yang melawan substansi atau bahan yang dilepaskan oleh sel yang rusak oleh bakteri T. Pallidum (Brown dan Frank, 2003).

2. Tes VDRL

Sampel: darah dan cairan serebrospinal

Dasar: adanya antibodi yang dihasilkan oleh tubuh penderita positif sifilis bereaksi dengan ekstrak difosfatidil gliserol, sehingga memunculkan antibodi antikardiolipin (IgG, IgM) (Brown dan Frank, 2003).

Hasil positif palsu pada VDRL seperti infeksi virus (mononukleosis, hepatitis), pengaruh obat-obatan, kehamilan, demam rematik, artritis reumatoid, lupus, dan lepra.

3. Uji Wasserman

Sampel: darah dan cairan serebrospinal

Dasar: reaksi sampel dengan antigen cardiolipin yang diekstrak dari otot jantung sapi. Antibodi sifilis akan bereaksi dengan lipid sehingga akan memunculkan reaksi Wasserman dari antifosfolipid antibodi (APA). Hasil positif palsu tampak pada malaria dan tuberculosis (Brown dan Frank, 2003)

4. Tes FTA-Abs

Sampel: darah dan cairan serebrospinal

Dasar: ikatan antibodi serum pasien terhadap Treponema yang tampak dalam kaca mikroskop. FTA-Abs merupakan pemeriksaan paling spesifik untuk sifilis. Anti-human immonuglobulin berupa fluorescen isothiocyanate (FITC) ditambahkan dalam penampang dan dikombinasikan dengan antinodi pasien yang terikat pada substrat T. Pallidum. Anti-human immunoglobulin tersebut akan bereaksi dengan antibodi yang terdapat pada serum positif, dan hasil positif akan tampak pada visualisasi menggunakan mikroskop floresensi. Intensitas warna dinilai dalam skala dari negatif (tanpa fluorescen), 1+ hingga 4+. Jika hasil fluoresensi 1+, maka pemeriksaan harus diulang (Brown dan Frank, 2003)

Positif palsu akut (kurang dari 6 bulan) berhubungan dengan keadaan demam dan imunisasi. Positif palsu kronik berhubungan dengan berbagai kondisi gangguan autoimun seperti systemic lupus erythematous, penggunaan obat-obatan intravena, penyakit hepar kronik, dan infeksi.

Pengobatan

Sifilis primer, sekunder, dan laten dini (kurang dari 1 tahun), obat pilihan adalah penicillin G Benzathine 2,4 juta unit IM satu kali; atau penicillin G Procain, 600.000 unit IM tiap hari selama 8 hari.

Sifilis laten lanjut (lamanya lebih dari 1 tahun) dan sifilis kardiovaskular, obat pilihan adalah penicillin G procain, 600.000 unit tiap hari selama 15 hari, atau penicillin G Benzathine, 2,4 juta unit IM tiap minggu selama 3 minggu.

Neurosifilis, menggunakan penicillin G crystalline, 2,4 juta unit IV tiap 4 jam selama 10 hari; atau penicillin G Procain, 1,2 juta unit IM tiap hari selama 15 hari.

Untuk sifilis kongenital dengan cairan serebrospinalis normal: penicillin G benzathine, 5000 unit/kg IM diberikan sekali; bila cairan serebrospinalis abnornal, penicillin G crystalline, 25.000 unit/kg IM atau IV 2 kali sehari untuk paling sedikit 10 hari; atau penicillin G procain, 50.000 unit/kg IM satu kali sehari paling sedikit 10 hari

Penderita yang sensitif terhadap penicillin, untuk semua jenis: tetracycline 500 mg peroral 4 kali sehari selama 15 hari; atau erythromycin, 500 mg 4 kali sehari peroral untuk 15 hari, merupakan terapi pengganti yang adekuat (Brown dan Frank, 2003).

Referensi- sengaja tidak dicantumkan.

Minggu, 25 Desember 2011

DIAM-DIAM

diam-diam dalam hati aku berfikir
hidupku terlalu singkat, ya Tuhan
berikanlah PAKSAAN kepadaku untuk tidak main-main lagi
sebab jika Kau tidak memaksaku, kapan aku bisa sadar..

diam-diam dalam hati aku tahu
bahwa aku tidak bisa menjadi orang baik
jika bukan ENGKAU yang membawaku
kembali ke jalanMu

diam-diam dalam hati aku menangis
bahwa menyesal aku menghabiskan waktu
hanya untuk hal tak berguna

diam-diam dalam hati aku merasa dunia ini tidak adil
padahal akulah yang tidak adil pada diriku sendiri
sudah tahu itu salah, masih saja dilakukan
tidak bisa menahan diri..
mencari cinta semu, mempermainkan hatiku sendiri
menyakiti hatiku sendiri, tapi lalu aku menyalahkanMu
dan selalu berkata: why always me, God??it isn't fair!
dilain hari aku berkata: dia orang paling jahat!padahal aku sudah baik bgt sama dia!
... tanpa menyadari bahwa inilah konsekuensi atas kesalahanku ..
... dasar aku.. b.o.d.o.h dan tak tahu malu..

diam-diam dalam hati aku merasa lelah..
selalu jatuh dalam kubangan dosa
maka kuhapus satu persatu berhala pengikatku
kubersihkan hatiku
kuajari jiwaku untuk mencari kembali kesucianNya

diam-diam dalam hati aku berharap
suatu saat nanti aku bisa bertobat
dan tidak menghiraukan godaan iblis

tapi.. diam-diam dalam hati aku merasa itu susah
untuk memutuskan hubungan secara tiba-tiba dengan dosa
dan seolah-olah munafik mencari Bapa
maka diam-diam dalam hati aku berdoa..
kuatkan aku, tebalkan telingaku demi mendengar cela mereka
karena bagiku Kaulah yg terutama
Kaulah hidupku..

diam-diam dalam hati aku bersumpah pada Tuhan
bahwa inilah hari itu!


25122011
12.15
pcc

Sabtu, 24 Desember 2011

TENTANG: HOBI #3

HELLO December!!!
it's raining everyday.. and getting colder than november.. brrr.. hehehe.. i type this blog with a double shirt and blanket cover up my whole body. hahaha..
wanna share some hobby of me.. singing session! hehehe.. we formed a vocal group due for competition in dies natalis UGM 2011 last november at Grha Shaba Pramana. It's been a hard time to get harmonized each other and arranged the song. But all of us love to do it so in the end everything's going well.. hehe..
the name of member from left to right are: drg.Apreka Tigor-Kandhita Rechta-Fazlur Rahman (pianist)-Rakhmalita-drg.Cendrawasih (manager)-Irin Rizka-Budi Utomo- Christiani-Christandi Prana

-a momment to remember-